Manfaat dan bahaya BAYAM

Bagi anda yg menyukai BAYAM,kenalilah hal2 apa saja yang terkandung
didalamnya,dari mulai dipanen hingga dimasak agar bisa menyajikan nya
secara BENAR :

1. BAYAM mengandung zat besi yang berupa Fe2+ (ferro)

2. Kalau dia terlalu lama kontak dengan O2 (Oksigen),

3. Fe2+ akan teroksidasi menjadi Fe3+ (ferri).

4. Meski sama-sama zat besi, yang berguna bagi kita adalah FERRO.

5. Sedangkan FERRI bersifat TOXID pada BAYAM.

6. JADI.. kalau bayam dipanasi, akan berlaku oksidasi tersebut.

7. Aku dulu bingung kenapa ibuku selalu melarang memanasi SAYUR BAYAM.

8. Beliau sih ga bisa jelasin secara ilmiah gitu, tapi selalu bilang
“SAYUR BAYAM “, kalu belum abis jangan dipanasi lagi !

9. Jangan pernah mengkonsumsi BAYAM lebih dari 5 jam.

10. Soalnya, selain mengandung zat yang disebutin tadi itu, BAYAM juga
mengandung zat nitrat (NO3).

11. Kalau teroksidasi dengan udara, maka akan menjadi NO2 (Nitrit).

12. Nitrit adalah senyawa yang tidak berwarna, tidak berbau dan
bersifat racun bagi tubuh manusia.

13. Menurut John S Wishnok, BAYAM segar yang baru dicabut dari
persemaiannya telah mengandung senyawa nitrit kira-kira sebanyak 5
mg/kg.

14. Bila BAYAM disimpan di lemari es selama 2 minggu, kadar nitrit
akan meningkat sampai 300 mg/kg.

15. Dengan kata lain, dalam 1 hari penyimpanan, senyawa nitrit akan
meningkat 21 mg/kg (7%).

16. Efek toksid (meracuni tubuh) yang ditimbulkan oleh Nitrit bermula
dari reaksi oksidasi Nitrit dengan zat besi dalam sel darah merah,
tepatnya di dalam Hemoglobin (Hb).

17. Mungkin ada yang blum tau bahwa salah satu tugas hemoglobin adalah
mengikat oksigen untuk disalurkan ke seluruh organ tubuh.

18. Ikatan Nitrit dengan hemoglobin, disebut Methemoglobin,
mengakibatkan hemoglobin tidak mampu mengikat oksigen.

19. Jika jumlah methemoglobin mencapai lebih dari 15% dari total hemoglobin,

20. Maka akan terjadi keadaan yang disebut Sianosis, yaitu suatu
keadaan dimana seluruh jaringan tubuh manusia kekurangan oksigen.

21. Jika hal ini terjadi pada bayi dikenal dengan nama “Blue Baby”.

Efek TOKSID lainnya adalah kemampuan NITRIT bereaksi dgn AMINO
SEKUNDER dpt membentuk senyawa yg dpt menyebabkan KANKER !

JANGAN memasak BAYAM pake panci aluminium ya ….. soalnya bisa
bereaksi dengan ZAT BESI yg ada di BAYAM dan ….. jadi RACUN.

Berikut Tips Mengkonsumsi BAYAM :

1. Pilih BAYAM yg baru dipetik dan masih segar.

2. Hendaknya langsung diolah setelah mendapat BAYAM segar.

3. JANGAN terlalu lama disimpan dilemari es.

Jadi TAKUT menkonsumsi BAYAM ???JANGAN …… soalnya kandungan
NUTRISI nya sangat BESAR alias TOP BANGET.

Bahkan BAYAM disebut sebagai KING OF VEGETABLES,tp cukup mengetahui
SIFAT dan UNSUR.

So, jangan takut mengkonsumsi bayam ya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s